Site icon Kompetisi

28 Siswa Juara Kompetisi Matematika Online Nasional

30 November 2019

jpnn.com, TANGSEL – Setelah melewati berbagai tahapan mulai penyisihan hingga final, kompetisi matematika online tingkat nasional menetapkan 28 siswa sebagai juara. Mereka adalah siswa kelas 5 SD sampai kelas 11 SMA dari berbagai sekolah.

Direktur Edukasi Universal (Eduversal) Indonesia Dwi Prajitno mengungkapkan, lomba matematika daring ini sudah dilaksanakan pada Sabtu, 19 Oktober 2019. Dan, pada 23 November diumumkan para pemenangnya.

“Eduversal Mathematics Competition (EMC) 2019 telah mengumumkan para pemenang dari berbagai tingkat kelas pada Sabtu (23/11) tepatnya pukul 12.00 WIB melalui laman kompetisi.net dan di media sosial EMC. Para peserta bisa langsung melihat para pemenangnya,” tutur Dwi di Eduversal Office, Pondok Cabe, Tangsel, Sabtu (30/11). 

Dia menyebutkan, sekitar 3500 siswa SD, SMP, dan SMA dari berbagai wilayah di Indonesia telah mengikuti babak penyisihan kompetisi matematika online. Kemudian, 1905 peserta lolos menjadi finalis dan mengikuti lomba secara serentak di berbagai pilihan test center yang tersebar.

Ada 17 test center yang mengadakan Final EMC 2019 yaitu Aceh dua titik, Sumatera Utara satu titik, Riau dua titik, Jawa Barat tiga titik, Banten tiga titik, Jawa Tengah dua titik, Yogyakarta satu titik, Kalimantan Selatan satu titik, Jawa Timur satu titik, dan Sulawesi Selatan satu titik.

“Ini adalah kompetisi matematika daring dengan peserta terbanyak se-Indonesia ini. Setiap kelas ditentukan 4 peserta dengan nilai tertinggi yang diperoleh pada babak final yang diadakan secara luring di 17 test center,” terangnya. 

Dalam kompetisi ini para juara mendapatkan hadiah Rp 5 juta untuk juara 1. Juara 2 mendapat Rp 3 juta, juara 3 sebanyak Rp 2 juta, dan juara 4 mendapat Rp 1 juta. 

“Kami berharap kompetisi matematika online ini menjadi media untuk menumbuhkan ketertarikan siswa terhadap matematika dan menjadi kompetisi matematika yang bergengsi di Indonesia. Rencananya kompetisi ini akan diselenggarakan setiap tahun sehingga berkelanjutan dan menjangkau peserta lebih luas lagi,” bebernya. (esy/jpnn)

Exit mobile version