Site icon Kompetisi

Siapkan Dirimu, Pendaftaran Kompetisi Matematika Online ‘EMC 2021’ Dibuka

Jakarta:  Eduversal kembali mengadakan ajang kompetisi Eduversal Mathematics Competition (EMC) tahun ini untuk yang ketiga kalinya. EMC adalah ajang kompetisi matematika online nasional yang diselenggarakan setiap tahun.

Direktur Eduversal, Dwi Prajitno Wibowo mengatakan bahwa tahun ini EMC mengambil tema “Let’s Have Math in Our Path”.  Kompetisi ini diharapkan dapat menarik minat para siswa untuk
semangat berkompetisi sekaligus lebih membumikan peran Matematika dalam setiap
aspek kehidupan.

“Karena sejatinya Matematika adalah bahasa Universal yang digunakan oleh seluruh
negara-negara di dunia. Matematika menjadi jembatan bagi seluruh bidang keilmuan
agar saling berkomunikasi satu sama lain.” kata Dwi, saat Peluncuran EMC ke-3, yang digelar secara daring, Sabtu, 21 Agustus 2021.

Lebih lanjut Dwi menambahkan, bahwa pada 2019, Eduversal telah berhasil menyelenggarakan EMC perdana dengan menggabungkan sistem offline dan online dengan jumlah pendaftar mencapai lebih dari 3.200 siswa dari seluruh Indonesia.  Adapun peserta yang menjadi juara berjumlah 28 siswa dari setiap kategori (kelas 5-11).
 
Namun karena pandemi, sistem EMC pun berubah menjadi sepenuhnya online. Pada 2020, EMC berhasil menarik 4.097 siswa dari 831 sekolah se-Indonesia dari berbagai tingkatan.  Dwi juga mengatakan, bahwa tahun ini, dengan kondisi kondisi pandemi covid-19 yang masih terjadi EMC akan kembali digelar dengan format full online.

Pendaftaran EMC 2021 dibuka mulai tanggal 21 Agustus sampai dengan 29 Oktober 2021. Pelaksanaan lomba akan diselenggarakan pada 6 November 2021. Seluruh proses pendaftaran dan pelaksanaan ujian EMC akan diselenggarakan melalui satu platform yaitu https://kompetisi.net/.
 
Proses lomba yang diselenggarakan secara daring ini semakin memungkinkan bagi peserta dari
seluruh wilayah Indonesia untuk bergabung tanpa kendala jarak.  Setiap peserta hanya bersaing dengan peserta lain di tingkatan kelas yang sama, sehingga peserta junior tidak perlu takut menghadapi peserta senior.
 
“Tahun ini EMC akan dibuka untuk kelas 4 SD/MI sampai kelas 12 SMA/MA,” jelas Dwi.
 
Karpet Merah
 
Perwakilan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Ade Supriatna menyambut gembira bahwa kegiatan EMC ini bisa mengakomodir jumlah pendaftar yang begitu besar. Karena memang para siswa diusahakan untuk terus berkarya dari rumah dan pantang menyerah dalam kondisi pandemi saat ini.
 
Sehingga peran orang tua sangat penting sebagai pendamping anak-anak untuk belajar online.
Ade menambahkan, nantinya Puspresnas akan menyiapkan mekanisme kolaborasi agar lomba di luar Puspresnas juga mendapatkan pengakuan pemerintah dari jalur prestasi.   Sehingga Puspresnas nantinya dapat menggelar “karpet merah” untuk mengakomodir para juara dan talenta muda termasuk EMC untuk masuk ke perguruan tinggi yang mereka inginkan agar perkembangan mereka terus terpantau.
 
Koordinator Program EMC 2021, Ridwan Sumitro mengatakan, bahwa dengan total hadiah ratusan juta rupiah, dalam setiap tingkatan kelas akan dipilih 10 pemenang dengan hadiah sebagai berikut :
 
–  Peringkat 1 mendapatkan medali emas dan uang tunai Rp4.000.000
–  Peringkat 2 mendapatkan medali perak dan uang tunai Rp2.000.000
–  Peringkat 3 mendapatkan medali perunggu dan uang tunai Rp1.000.000
–  Peringkat 4 mendapatkan uang tunai Rp 500.000
–  Peringkat 5-10 masing-masing mendapatkan uang tunai Rp250.000
 
Selain itu, Ridwan mengatakan bahwa peserta lomba tidak perlu pusing kalau lawannya
akan berlaku curang.  Ridwan mengatakan, secara teknis sangat sulit untuk berbuat curang sebab kamera peserta harus selalu aktif.
 
Kemudian soal juga diacak dan peserta tidak dapat kembali ke soal berikutnya, lama pengerjaan yang dapat dimonitor, serta soal yang menantang atau bertipe HOTS (Higher Order Thinking Skill).  Ridwan juga menambahkan, bahwa selain kegiatan kompetisi, EMC tahun ini juga akan
dibarengi dengan webinar untuk guru dan orang tua, webinar untuk siswa, try out matematika untuk umum, serta kegiatan Math Day yang berisi lomba-lomba ringan terkait matematika yang seru dan menyenangkan.
 
(CEU)

Sumber : medcom.id

Exit mobile version