Eduversal Gelar Kompetisi Matematika Berbasis Online

JAKARTA, suaramerdeka.com – Edukasi Universal (Eduversal) akan menggelar kompetisi matematika, dengan tajuk “Eduversal Mathematics Competition (EMC) 2019. Kompetisi tersebut akan dilakukan secara online, sehingga dapat diakses dan diikuti oleh para siswa dari seluruh wilayah Indonesia, mulai dari jenjang kelas V hingga kelas XI.

“Kompetisi ini skalanya nasional. Dengan sistem online, target kita adalah supaya anak-anak Indonesia dapat memiliki kesempatan yang sama untuk ikut ajang kompetisi ini, tidak harus datang jauh-jauh ke Pula Jawa,” ungkap Direktur Eduversal, Dwi Prajitno Wibowo.

EMC dihadirkan sebagai langkah awal untuk menumbuhkan ketertarikan para siswa di Indonesia terhadap matematika, karena matematika selama ini masih dianggap sebagai salah satu mata pelajaran yang menyulitkan. Dikatakan, tujuan dari diselenggarakannya kompetisi secara online tersebut untuk mempermudah akses anak Indonesia untuk dapat ikut kompetisi tingkat nasional. Karena menurutnya, dalam kompetisi tingkat nasional kerap sangat minim keikutsertaan siswa dari daerah.

Dijelaskan, kompetisi tersebut terbagi dalam dua tahap, yakni penyisihan dan dan Final. Untuk penyisihan akan dilaksanakan secara online pada tanggal 12 Oktober 2019. Sebelumnya, peserta sudah dapat melakukan registrasi mulai tanggal 1Juli-5 Oktober 2019, melalui laman www.kompetisi.net. Nantinya dari tahap penyisihan tersebut akan dipilih sebanyak 150 siswa terbaik, dari setiap jenjangnya, untuk masuk ke tahap final. Tahap final sendiri akan dilaksanakan pada 16 November 2019.

Berbeda dengan penyisihan yang dilakukan secata online, untuk tahap final akan menggunakan metode paper based. Pelaksanaannya akan digelar di sejumlah tempat, seperti Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Aceh, Pekanbaru, Medan, dan Makassar. “Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa peserta ini benar-benar valid dalam menjalankan tes di kompetisi ini,” jelasnya.

Diungkapkan, soal-soal dalam kompetisi tersebut merujuk kepada standar Olimpiade Sains Nasional (OSN). “Untuk penyisihan, komposisinya soalnya 50 persen mudan, 30 persen menengah, dan 20 sulit. Kalau untuk final kita balik, 20 persen soal mudah, 30 persen soal medium, dan 50 persen soal kategori hard,” ungkapnya.

Selain hadiah dalam bentuk uang dan e-certificate, adalah sejumlah tawaran yang dapat diambil oleh para pemenang. Mulai dari pembinaan untuk ikut olimpiade, hingga beasiswa. “Untuk pemenang nantinya kita juga akan berikan tawaran kepada mereka untuk ikut dalam pembinaan olimpiade. Selain itu ada juga kesempatan untuk mendapatkan beasiswa dari sekolah mitra,” ungkapnya.

 

Sumber : https://www.suaramerdeka.com/news/baca/196929/eduversal-gelar-kompetisi-matematika-berbasis-online