Kompetisi Matematika Online Kembali Digelar, Simak Tips agar Menang

Kompetisi bertajuk Eduversal Mathematics Competition (EMC) ini dilaksanakan secara online. 

“EMC merupakan ajang kompetisi matematika online nasional yang diselenggarakan setiap tahun, yang dirancang untuk menarik minat para siswa terhadap mata pelajaran matematika dengan sistem kompetisi online,” kata Direktur Eduversal Indonesia Dwi Prajitno Wibowo dalam konferensi pers virtual, Selasa (18/8). 

Pada 2019, EMC perdana berhasil menarik lebih dari 3200 siswa seluruh Indonesia. Tahun ini pendaftaran EMC dapat diakses di laman Eduversal mulai 18 Agustus – 10 November 2020. 

Ajang EMC akan berlangsung pada 14 November 2020 dan pemenangnya akan diumumkan pada 21 November 2020. Sedangkan pemberian penghargaan untuk para pemenang akan dilaksanakan pada Februari 2020. 

Ade Kiki Ruswandi selaku koordinator projek mengatakan, ada perbedaan dalam pelaksanaan EMC 2020. Di mana sistem babak penyisihan (offline) untuk tahun ini ditiadakan karena pandemi COVID-19. Sebagai gantinya peserta akan berkompetisi langsung secara online dalam satu babak. Baca Juga: Pertama di Indonesia, Kompetisi Matematika Online Tingkat Dunia 

“EMC dihadirkan sebagai langkah awal untuk meningkatkan literasi anak Indonesia terhadap matematika, karena matematika selama ini masih dianggap sebagai salah satu mata pelajaran yang menyulitkan,” terang Ade. 

Karena itu untuk soal-soal EMC ditekankan lebih kepada pendalaman basic materi di setiap tingkatan kelas dengan tingkat kesulitan yang dibagi menjadi tiga. Yaitu mudah, sedang dan sulit dengan tujuan mengukur tingkat adaptasi siswa terhadap soal

“Dengan adanya kemudahan mengerjakan soal-soal secara online, Try-Out, analisis kemampuan siswa, webinar pendidikan, penghargaan yang tersedia dalam setiap tahap, dan e-sertifikat, kami harapan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para peserta,” papar Ade.

Pada kesempatan tersebut, dua siswa pemenang EMC 2019 yaitu M Nuha Alghifari dan Gabriella Nosa Karsono ikut memberikan tips agar bisa menang. Nuha yang sekarang duduk di kelas 8 MTsN 1 Kota Blitar, meraih juara III di EMC 2019. 

Menurut dia, kunci menang adalah harus terus belajar dan fokus. Dia juga rutin ikut bimbel dan les privat. 

“Kalau pandemi saya tetap bimbel dan les private online. Saya juga senang belajar matematika dari YouTube,” ujarnya.

Sedangkan Gabriella peraih juara 1 EMC 2019 ini mengungkapkan kunci kemenangannya adalah rajin latihan. Walaupun ikut bimbel dan les private, siswi kelas 5 SD Pangudi Luhur I Surakarta ini rajin melatih kemampuannya di rumah. 

“Kalau ingin menguasai matematika harus rajin latihan. Karena kuncinya ada di latihan-latihan soal. Makin sering latihan kian mudah menjawabnya,” tandasnya. (esy/jpnn)

Sumber :

JPNN

https://www.jpnn.com/news/kompetisi-matematika-online-kembali-digelar-simak-tips-agar-menang