Agenda Webinar: Kenapa Harus Belajar Matematika?

https://www.kompas.com/edu/read/2020/09/11/102056671/agenda-webinar-kenapa-harus-belajar-matematika?page=all.

Penulis : Yohanes Enggar Harususilo

Editor : Yohanes Enggar Harususilo

Naskah berita

KOMPAS.com – Matematika kerap kali dipandang sebagai mata pelajaran sulit dan kompleks. 

“Kenapa sih harus belajar materi yang gak akan dipakai dalam kehidupan sehari-hari?”, “Kenapa ya aku suka takut kalau ada jam pelajaran matematika?”, “Aku gak bakat matematika, mau nyerah aja!” 

Demikian lebih kurang beberapa pertanyaan kerap muncul dalam diri siswa dan menjadi tantangan bagi guru untuk mampu menjawabnya. 

Tidak berhenti sampai di situ, tantangan terbesar guru adalah: bagaimana menghadirkan strategi pembelajaran matematika yang dapat menumbuhkan rasa suka dan percaya diri siswa. 

Terkait hal itu, Eduversal Indonesia, provider layanan manajemen pendidikan, menghadirkan webinar “Seminar Pendidikan: Kenapa Harus Belajar Matematika” pada Sabtu, 12 September 2020 pukul 10.00 WIB. 

Seminar yang akan dilaksanakan melalui aplikasi Zoom ini gratis dan terbuka untuk umum (guru, siswa dan pihak terkait) dengan pembatasan jumlah peserta. 

Meningkatkan literasi matematika 

“Tujuan rangkaian kegiatan EMC kami memang meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya literasi matematika. Dengan berkaca dari hasil PISA indonesia tahun 2018.” ungkap Ade Kiki Ruswandi, Pemateri Seminar dan Koordinator Guru Matematika Eduversal. 

Dalam seminar tersebut akan disampaikan beragam fakta riset tentang pembelajaran matematika. Selain itu juga akan didiskusikan esensi matematika, saran untuk siswa, saran untuk guru untuk meningkatkan budaya berfikir di dalam kelas. 

“Apa yang kita pikirkan tentang potensi diri kita, ternyata mempengaruhi apa yang kita pelajari dan alami. Jadi kalau mau memaksimalkan potensi diri, persepsi-persepsi negatif tentang kemampuan matematika harus diperbaiki,” tegas Kiki. Lebih jauh Kiki berharap seminar ini akan mampu memberikan wawasan baru kepada semua kalangan baik para pelajar maupun pendidik. 

Khususnya bagi guru matematika, agar dapat lebih kreatif dan inovatif dalam proses belajar mengajar di kelas sehingga siswa akan tertarik dan bahkan menyukai pelajaran matematika. 

“Semoga siswa belajar matematika bukan hanya karena untuk ujian, tapi karena memang matematika menarik. Semoga guru bisa menghadirkan itu di dalam kelas,” harap Kiki. 

Seminar ini merupakan rangkaian dari kegiatan EMC 2020 (Eduversal Mathematics Competition) yang akan digelar 14 November mendatang. EMC merupakan sebuah kompetisi matematika online se-Indonesia untuk kelas 5-11. Akses dan pendaftaran Lihat Foto Flyer digital Seminar Matematika Eduversal (DOK. EDUVERSAL INDONESIA) 

Kiki melihat dewasa ini tantangan dalam menyelenggarakan proses belajar mengajar semakin berat, terlebih di masa pandemi. 

Guru diimbau harus membiasakan diri dengan metode online di samping memastikan siswa menyerap ilmu yang disampaikan. 

“Karena itulah seminar ini penting, untuk mempertahankan minat siswa terhadap apa yang mereka pelajari sehingga kualitas belajar mengajar jarak jauh ini semakin meningkat,” tutur Kiki. 

Selain manfaat konten, seminar ini juga memberikan E-certificate dan juga kesempatan untuk memenangkan beberapa hadiah menarik, di antaranya; 5 Buah T-Shirt EMC dan Saldo Go-Pay/OVO total Rp500.000 untuk 10 peserta dan Voucher Pendaftaran EMC. 

Informasi dan pendaftaran dapat diakses melalui: eduversal.net/webinar-emc. Selain itu, seminar juga dapat diakses secara live streaming melalui kanal Youtube Eduversal Indonesia.