fbpx

Meningkatkan Motivasi Belajar Metematika Melalui Kompetisi Online Tingkat Internasional

Kamis, 30 Juli 2020 20:25 WIB

https://www.tribunnews.com/pendidikan/2020/07/30/meningkatkan-motivasi-belajar-metematika-melalui-kompetisi-online-tingkat-internasional.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Tidak kurang 4.260 siswa dari 45 negara mengikuti kompetisi Matematika Online Tingkat Internasional yang diselenggarakan oleh Eduversal Indonesia.

International Eduversal Mathematics Competition (I-EMC) ini diikuti siswa dari Australia, Amerika, Inggris, Nigeria, Brasil dan yang lainnya.

Dari ribuan peserta yang mendaftar, sebanyak 545 peserta yang akhirnya mengikuti kompetisi final pada tanggal 11 Juli 2020 lalu yang mewakili dari 36 negara.

Kompetisi matematika ini dibagi menjadi dua level yaitu senior dan junior masing-masoing 

Untuk junior dengan usia dibawah 14 tahun dan senior dengan usia 14-17 tahun.

“Kompetisi ini terbuka untuk pelajar dari seluruh dunia untuk menguji kemampuan matematikanya di tingkat Internasional.,” kata Dwi Prajitno Wibowo, Direktur Utama Eduversal, Kamis(30/7/2020).

Adanya kompetisi Internasional ini direspon dengan baik oleh banyak negara, terbukti kompetisi ini disambut oleh 45 negara dari seluruh dunia.

“I-EMC 2020 ini diselenggarakan dalam 3 bahasa yaitu Bahasa Inggris, Indonesia dan Rusia,” lanjut Dwi.

Eduversal mengadakan kompetisi tersebut sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Apalagi Eduversal bersama mitra-mitranya selama dua belas tahun telah menyelenggarakan kompetisi matematika tingkat nasional.

Dalam kurun waktu tersebut ribuan siswa Indonesia telah mengikuti kompetisi ini. Eduversal kali ini menyediakan berbagai hadiah menarik untuk para juara kompetisi I-EMC ini, diantaranya adalah IPad Generasi 7, Samsung Galaxy Tab A 2019 10.1” dan All new Kindle Paperwhite 2020.

Setelah melalui proses perhitungan poin dari semua peserta, pada hari Sabtu, 18 Juli 2020 kemarin telah diumumkan para juaranya.

“Meskipun kompetisi ini diikuti oleh peserta dari 36 negara, siswa dari Indonesia mampu bersaing dengan mereka, bahkan lebih unggul. Terbukti para juara dari setiap level didominasi oleh siswa dari Indonesia,” katanya.

Berikut adalah Juara 1,2, dan 3 dari kedua level.

Level Junior:

Juara 1: Michael Cenreng dari SMP Katolik Rajawali

Juara 2: Kelven Nathanael dari SMPK Santa Clara Surabaya

Juara 3: Ahmad Fikri Azhari dari SMP Kharisma Bangsa

Level Senior:

Juara 1: Farrel Dwireswara Salim dari SMA Kharisma Bangsa

Juara 2: Muflih Naufal Maxi dari SMA Cahaya Rancamaya

Juara 3: Axel Giovanni Hartanto dari SMP Pangudi Luhur Bintang Laut

Selain para juara di atas, ada juga peraih medali emas untuk 5% peserta terbaik, medali perak untuk 15% peserta terbaik, dan medali perunggu untuk 20% peserta terbaik.

Salah seorang perserta dari Myanmar, Thoon Nathar Aung mengaku terbantu karena kompetisi ini memudahkan bisa dilakukan dari mana saja karena secara daring.

“Kompetisi ini menyenangkan dan berbeda dari Olimpiade lain karena Anda dapat melakukannya dari mana saja selama Anda memiliki internet,” ujarnya.

Close Menu