You are currently viewing Kompetisi Matematika EMC Siapkan Hadiah Total Ratusan Juta Rupiah

Kompetisi Matematika EMC Siapkan Hadiah Total Ratusan Juta Rupiah

Indonesiainside.id, Jakarta – Kompetisi Eduversal Mathematics Competition (EMC) yang sudah berlangsung ketiga kalinya kembali digelar. Kompetisi matematika pertama yang berlangsung secara online ini bakal memperebutkan hadiah total ratusan juta rupiah.

“Ini kami gelar untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para siswa di seluruh Indonesia untuk berkompetisi di bidang matematika. Ini juga selaras dengan upaya pemerintah menggalakkan literasi numerasi bagi pelajar,” kata Dwi Prajitno Wibowo, Direktur Eduversal dalam launching EMC ke-3, secara daring, Sabtu (21/8).

Dwi menuturkan, pada tahun 2019 Eduversal telah berhasil menyelenggarakan EMC perdana dengan menggabungkan sistem offline dan online dengan jumlah pendaftar mencapai lebih dari 3200 siswa dari seluruh Indonesia. Adapun peserta yang menjadi juara berjumlah 28 siswa dari setiap kategori (kelas 5-11).

Pandemi yang melanda membuat sistem EMC pun berubah menjadi sepenuhnya online. Pada 2020, EMC berhasil menarik 4097 siswa dari 831 sekolah Se-Indonesia dari berbagai tingkatan. Untuk tahun ini dengan mengusung tema “Let’s Have Math in Our Path”, kompetisi ini diharapkan dapat menarik minat para siswa untuk semangat berkompetisi.

“Sekaligus membumikan matematika dalam setiap aspek kehidupan karena sejatinya matematika adalah bahasa universal yang digunakan oleh seluruh negara-negara di dunia,” kata Dwi lagi.

Dengan kondisi kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung EMC akan kembali digelar dengan format Online.

Pendaftaran EMC 2021 dibuka mulai tanggal 21 Agustus sampai dengan tanggal 29 Oktober 2021. Sedangkan pelaksanaan lomba akan diselenggarakan pada tanggal 6 November 2021. Seluruh Proses Pendaftaran dan Pelaksanaan ujian EMC akan diselenggarakan dalam satu platform yaitu https://kompetisi.net.

“Karena secara daring, seluruh wilayah Indonesia dengan mudah dapat berpartisipasi dari rumah atau sekolah tanpa terkendala jarak,” kata Ridwan Sumitro, Koordinator Program EMC.

Setiap peserta hanya bersaing dengan peserta lain di tingkatan kelas yang sama, sehingga peserta junior tidak perlu takut menghadapi peserta senior. Tahun ini EMC akan dibuka untuk kelas 4 SD/MI sampai kelas 12 SMA/MA.

Sementara itu Perwakilan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Ade Supriatna dalam sambutannya menyatakan gembira bahwa kegiatan EMC ini bisa mengakomodir jumlah pendaftar yang begitu besar.

“Ini medorong siswa untuk terus berkarya dari rumah dan pantang menyerah dalam kondisi pandemi saat ini,” ujarnya.

Ade Supriatna menambahkan bahwa nantinya Puspresnas akan menyiapkan mekanisme kolaborasi agar lomba di luar Puspresnas juga mendapatkan pengakuan pemerintah dari jalur prestasi sehingga Puspresnas nantinya dapat menggelar “karpet merah”, untuk mengakomodir para juara dan talenta muda termasuk EMC untuk masuk ke perguruan tinggi yang mereka inginkan.

“Ini agar perkembangan mereka terus terpantau,” katanya lagi.

Ade Kiki Ruswandi Sekretaris EMC menyatakan panitian menyediakan hadiah ratusan juta rupiah, di mana dalam setiap tingkatan kelas akan dipilih 10 pemenang dengan hadiah sebagai berikut :

  • Peringkat 1 mendapatkan medali emas dan uang tunai Rp 4.000.000,-
  • Peringkat 2 mendapatkan medali perak dan uang tunai Rp 2.000.000,-
  • Peringkat 3 mendapatkan medali perunggu dan uang tunai Rp 1.000.000,-
  • Peringkat 4 mendapatkan uang tunai Rp 500.000,-
  • Peringkat 5-10 masing-masing mendapatkan uang tunai Rp 250.000,-

“Peserta lomba tidak perlu pusing kalau lawannya akan berlaku curang, karena secara teknis sangat sulit untuk berbuat curang sebab kamera peserta haruslah aktif, soal yang diacak, tidak dapat kembali ke soal berikutnya, lama pengerjaan yang dapat dimonitor, serta soal yang menantang atau bertipe HOTS,” ungkapnya.

Ridwan kembali menambahkan bahwa selain kegiatan kompetisi, EMC tahun ini juga akan dibarengi dengan webinar untuk guru dan orang tua, webinar untuk siswa, tryout matematika untuk umum, serta kegiatan Math Day yang berisi lomba-lomba ringan terkait matematika yang seru dan menyenangkan.

Muhammad Ilham Alfarisi peraih medali emas International Kangaroo Mathematic Contest 2020 yang merupakan siswa dari Rancamaya Islamic Boarding School Bogor mengimbau agar para siswa mengikuti kompetisi ini. Menurutnya matematika tidak sesusah yang dibayangkan.

“Yang penting jangan mudah menyerah dan rajin berlatih,” tuturnya. (Nto)

Sumber : indonesiainside.id