Membumikan Matematika dalam Setiap Aspek Kehidupan Lewat Kompetisi EMC

JAKARTA, suaramerdeka.com – Seiring dengan semangat pemerintah RI dalam rangka penguatan Literasi Numerasi terutama dikalangan pelajar Indonesia, Eduversal kembali mengadakan ajang kompetisi Eduversal Mathematics Competition (EMC). EMC adalah ajang kompetisi matematika online nasional yang diselenggarakan setiap tahun.

Dwi Prajitno Wibowo, Direktur Eduversal dalam konferensi press launching EMC ke 3 pada tanggal 21 mengatakan, sesuai dengan tema EMC tahun ini “Let’s Have Math in Our Path”, kompetisi ini diharapkan dapat menarik minat para siswa untuk semangat berkompetisi sekaligus lebih membumikan peran Matematika dalam setiap aspek kehidupan.

“Karena sejatinya Matematika adalah bahasa Universal yang digunakan oleh seluruh negara-negara di dunia. Matematika menjadi jembatan bagi seluruh bidang keilmuan agar saling berkomunikasi satu sama lain,” kata Dwi dalam jumpa pers, Sabtu, 21 Agustus 2021.

Lebih lanjut Dwi menambahkan, pada tahun 2019, Eduversal telah berhasil menyelenggarakan EMC perdana dengan menggabungkan sistem offline dan online dengan jumlah pendaftar mencapai lebih dari 3.200 siswa dari seluruh Indonesia.

Adapun peserta yang menjadi juara berjumlah 28 siswa dari setiap kategori (kelas 5-11). Karena pandemi, sistem EMC pun berubah menjadi sepenuhnya online. Pada 2020, EMC berhasil menarik 4097 siswa dari 831 sekolah Se-Indonesia dari berbagai tingkatan.

Dan pada tahun 2021 ini, dengan kondisi kondisi pandemi Covid-19 yang masih terjadi, EMC akan kembali digelar dengan format Online.

Pendaftaran EMC 2021 dibuka mulai tanggal 21 Agustus sampai dengan tanggal 29 Oktober 2021. Pelaksanaan lomba akan diselenggarakan pada tanggal 6 November 2021. Seluruh proses pendaftaran dan pelaksanaan ujian EMC akan diselenggarakan dalam satu platform, yaitu https://kompetisi.net/.

Proses lomba yang diselenggarakan secara daring, oleh karenanya peserta dari seluruh wilayah Indonesia dengan mudah dapat berpartisipasi dari rumah atau sekolah tanpa terkendala jarak.

Setiap peserta hanya bersaing dengan peserta lain di tingkatan kelas yang sama, sehingga peserta junior tidak perlu takut menghadapi peserta senior. Tahun ini EMC akan dibuka untuk kelas 4 SD/MI sampai kelas 12 SMA/MA.

Sementara itu, Koordinator Manajemen Talenta Nasional Pusat Prestasi Nasional (Puspernas) Kemendikbud-Ristek, Ade Supriyatna mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kompetisi matematika yang diselenggarakan Eduversal.

“Ini merupakan kegiatan untuk memacu dan memotivasi anak-anak untuk tetap berkarya di tengah pandemi. Prestasi anak-anak ini harus terus dikembangkan dan dilakukan pembinaan,” ungkapnya.

Ridwan Sumitro, Koordinator Program EMC 2021 menjelaskan, pelaksanaan kompetisi ini dilaksanakan dengan sistem yang mumpuni. Dipastikan tidak akan terjadi kecurangan dalam pelaksanaannya.

“Secara teknis sangat sulit untuk berbuat curang sebab kamera peserta haruslah aktif, soal yang diacak, tidak dapat kembali ke soal berikutnya, lama pengerjaan yang dapat dimonitor, serta soal yang menantang atau bertipe HOTS,” ujarnya.[]

 

Sumber : https://www.suaramerdeka.com/pendidikan/pr-04940222/membumikan-matematika-dalam-setiap-aspek-kehidupan-lewat-kompetisi-emc?page=3