You are currently viewing EMC 2022 Resmi Dibuka, Usung Tema “Healing with Math”

EMC 2022 Resmi Dibuka, Usung Tema “Healing with Math”

KOMPAS.com – Eduversal Foundation kembali menggelar Eduversal Mathematic Competition atau EMC 2022. EMC merupakan kompetisi matematika daring tingkat nasional dan menjadi penyelenggaraan tahun keempat.

Dalam seremoni pembukaan EMC 2022 yang diadakan secara daring pada Sabtu, 13 Agustus 2022, Dwi Prajitno Wibowo, Perwakilan Eduversal Foundation menjelaskan, “Healing with Math” yang dipilih menjadi tema EMC 2022 memiliki dua makna.

Makna pertama terkait sejalan dengan semangat pemulihan terkait bangkit pascapandemi global Covid-19. Makna lain sejalan dengan makna “healing” di kalangan generasi milenial di mana matematika diharapkan dapat menjadi pilihan aktifitas bagi generasi muda untuk menghilangkan kepenatan atau kejenuhan.

“Healing ternyata dapat dilakukan dengan matematika. Inilah yang hendak Eduversal tunjukan melalui berbagai kegiatan yang seru dan menyenangkan dalam EMC,” ungkap Dwi. Dalam kesempatan tersebut, Dwi menyampaikan peserta peminat EMC selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Tahun 2019 EMC diikuti 3.200 siswa, tahun 2020 peserta mencapai 4.097 siswa dari 831 sekolah. “Kemudian tahun 2021, EMC ketiga dilakukan secara online hampir diangka 4.500 siswa dari 1.264 sekolah yang hadir. Dan tahun ini di EMC 2022 kita akan menerapkan sistem daring dan luring,” ungkap Dwi.

Dwi berharap ajang EMC dapat menjadi wadah siswa dalam mengukir prestasi dan berkompetisi di tingkat nasional. Ia menjelaskan bagi pemenang selain mendapatkan hadiah lomba juga mendapat kesempatan untuk mendapatkan beasiswa dari sekolah mitra Eduversal.

Keistimewaan EMC 2022 Angga Yuda Pratama, influencer dan kreator konten pendidikan, memberikan apresiasi atas penyelenggaraan EMC 2022.

“Beberapa skill yang kita butuhkan di abad 21 adalah berpikir kritis dan berpikir kreatif. Dan itu bisa kita dapatkan melalui matematika,” ungkap Angga. Ia menjelaskan, melalui EMC 2022 para siswa tidak hanya mengetahui kemampuan matematika namun akan juga mendapatkan “rapor” individual siswa sehingga siswa akan mendapatkan laporan dari kemampuan matematika yang dimilikinya saat ini.

“EMC memiliki beberapa keunikan. Di dalamnya ada banyak acara-acara yang mendukung kemampuan kemampuan kita. Ada webinar, ada games, ada kuis mingguan. Jadi seperti bermain sehingga matematika menjadi menyenangkan,” jelasnya.

Ia menilai EMC menjadi media untuk memasyarakatkan matematika dan menghapus stigma matematika menyeramkan dan membosankan.

“Mari kita bersenang-senang dengan matematika,” ajak Angga. Dalam kesempatan sama, Ernest Regia, pemenang EMC tahun 2020 dan 2021 yang saat ini berkuliah di Suleyman Demirel University, Kazakhstan mengungkapkan dirinya sangat terbantu dengan adanya report individu dari EMC dalam evaluasi kemampuan pribadi.

“Keistimewaan EMC sendiri menurut saya adalah adanya soal-soal persiapan tiap minggu untuk mengasah kemampuan dan webinar interaktif yang menyenangkan. Selain itu soal-soal dalam lomba juga didesain bervariatif sesuai tipe soal mulai dari mudah hingga susah sehingga membuat peserta semakin penasaran untuk menjawab,” jelas Ernest.

Kegiatan dan hadiah EMC 2022 Ade Kiki Ruswandi, Koordinator Program, menjelaskan kegiatan EMC 2022 terdiri atas beberapa rangkaian kegiatan:

  • Pembukaan dan penutupan pendaftaran (13-18 Agustus 2022) 
  • Babak Penyisihan (29 Oktober 2022): Babak penyisihan diadakan secara daring melalui situs EMC. Yang lolos ke babak final adalah 50 persen tertinggi nasional atau peringkat 1-30 pada setiap Test Center.
  • Babak Final (12 November 2022): Babak final diadakan secara luring di lokasi-lokasi Test Center.

Selain kompetisi, EMC 2022 juga akan menggelar beberapa kegiatan lain, antara lain:

  • Kuis mingguan yang diadakan selama masa pendaftaran, untuk menjaga antusiasme peserta yang sudah mendaftar dan menarik minat calon peserta baru. Kuis mingguan juga menjadi sarana berlatih untuk mempersiapkan diri sebelum kompetisi EMC 2022.
  • Konten pembahasan soal-soal EMC dari tahun-tahun sebelumnya.
  • Webinar daring mengangkat topik-topik yang menarik bagi kalangan luas pada umumnya dan kalangan pecinta matematika pada khususnya.
  • Festival Matematika menyajikan hal-hal menarik mengenai matematika di test center pada babak final.

Terkait hadiah Ade menjelaskan, pada setiap tingkatan kelas, peringkat 1 sampai 10 nasional Babak Final akan mendapatkan piagam juara yang dapat diunduh dari akun EMC dan hadiah uang tunai sebagai berikut:

  • Peringkat 1, 2 (emas): Rp 2.000.000 per pemenang.
  • Peringkat 3, 4, 5 (perak): Rp 1.000.000 per pemenang.
  • Peringkat 6 sampai 10 (perunggu): Rp 500.000 per pemenang.

Informasi lengkap dan pendaftaran dapat diakses melalui tautan: https://kompetisi.net/

Sumber : https://www.kompas.com/edu/read/2022/08/13/115735471/emc-2022-resmi-dibuka-usung-tema-healing-with-math?page=3